Header Ads

Header ADS

Radio Desa Yang Tidak Ndesani


Mengenal Radio Komunitas Mentari Fm


BERAWAL dari keperihatinan sekelompok masyarakat yang tergabung kedalam Komite Sekolah SD Negeri 1 Giritirta Di Desa Giritirta, Kecamatan Pejawaran, Tentang masih sulitnya mendapatkan informasi dan komunikasi yang cepat dan murah, Komite Sekolah lantas mendirikan sebuah radio komunitas yang bisa di dengarkan oleh seluruh masyarakat desa.
Awal bediri, Pada 1 Juli 2001 silam, Pendirian radio yang kemudian di beri nama Mentari FM, Mendapat sambutan dan apresiasi dari warga desa dan keluarga besar sekolah tersebut. Hingga kini pun, Mentari FM tetap eksis dan mendapat tempat khusus di hati dan para pendengarnya.
Meskipun persaingan di bidang penyiaran ini semakin ketat, namun Mentari FM bisa melaluinya dengan baik. Dengan slogan “Pasti” atau Pas di Hati, awak Mentari FM berupaya membarikan yang terbaik untuk masyarakat desa sebagai pendengar utama. Acara setiap hari pun, di sesuaikan dengan kondisi social masyarakat desa. Dengan demikian, pesan pesan yang akan di sampaikan kepada masyarakat bisa tersampaikan. Sajian music dangdut, kroncong, campur sari dan juga lagu manca Negara dan local, pun menjadi hiburan sehari-hari yang dapat di nikmati seluruh masyarakat desa. Radio Mentari FM pun menjadi media yang tepat untuk mengedukasi masyarakat desa.

Lewat obrolan santai dan ringan, masyarakat di ajak untuk bersama-sama sadar  tentang pentingnya pendidikan bagi anak-anak mereka di masa mendatang. Hasilnya, pelan namun pasti, secara bertahap kesadaran masyarakat tentang arti pentingnya pendidikan dapat terus meningkat. Hal ini menunjukkan kerja  keras pengelola Mentari FM tidak dapat dipandang sebelah mata. Begitu pula dengan masalah pertanian dan perkebunan. Para petani di Desa Giritirta pun menjadi salah satu sasaran pendengar radio komunitas ini. Untuk media silaturrahmi dengan petani, Mentari FM juga mengemas acara yang kusus untuk mereka. Permasalahan dan keluhan seputar dunia pertanianpun di bahas sehingga bisa meningkatkan Kemampuan bertani dan memecahkan masalah yang di alami petani Giritirta dan sekitarnya. Sedangkan untuk meningkatkan ketakwaan kepada Alloh SWT, Penglola Mentari FM pun rutin setiap hari memutar pengjian dan ayat suci AL-Quran. Sehingga radio ini pun bisa menjadi sarana dakwah yang baik dan langsung di dengarkan oleh masyarakat desa melalui frekuensi Mentari FM di 107,8 MHz. Sementara tentang pemberdayaan masyarakat, radio komunitas ini juga selalu mengajak masyarakat desa untuk mensukseskan progam pembangunan di desa. Salah satunya Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan. Iklan Layanan Masyarakat (ILM) dan juga edukasi untuk meningkatkan peran masyarakat terhadap pemmbangunan desa dan suksesnya PNPM-MPD, selalu di putar setiap harinya. Wakil Bupati Hadi supeno pada sebuah kesempatan kunjungan kerja di desa Giritirta mendukung sepenuhnya keberadaan Radio Komunitas Mentari FM. Ia tidak menyangka di desa tersebut, ada sebuah radio yang menjadi media efektif pemmbelajaran masyarakat desa. Dia mengharapkan radio komunitas ini juga bisa memberikan pemmbelajaran tentang banyak hal, bukan hanya mementingakan masalah hiburan semata. (MMY)

Tidak ada komentar

Terimakasih sudah mengunjungi blog saya

Diberdayakan oleh Blogger.