Header Ads

Header ADS

Penderita Penyakit Menular, Mendapat Pengobatan Gratis

Giritirta, Rabu 20 Nopember 2013
Balai Kesehatan Paru Masyarakat (BKM) Magelang memberikan layanan pengobatan gratis kepada 100 orang lebih warga Giritirta penderita penyakit menular baik TBC, Pernafasan, Batuk, Flu dan jemis penyakit menular lainnya.
Angka Penyakit TBS di Desa Giritirta tergolong sangat tinggi dibanding desa-desa lain. Di Dusun Melikan saja bisa mencapai 5 orang yang positif menderita penyakit TBC.
 TBC adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Mycobacteriumtuberculosis yang dapat menyerang semua bagian tubuh tapi yang terbanyak adalah paru-paru. Orang yang terkena TB bisa menularkan ke oranglain melalui sistem pernapasan. Penyakit TB kini makin sulit disembuhkan sesudah ditemukannya virus yang bermutasi XDR-TB yang kebal terhadap obat-obat yang ada saat ini.
Dari sekian penderita penyakit menular yg diperikasa, sebagian besar mengidap Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK), atau Chronic Obstructive Pulmonary Disease (COPD) . PPOK adalah penyakit paru kronik. PPOK ditandai dengan keterbatasan aliran udara di dalam saluran napas yang tidak sepenuhnya reversibel, bersifat progresif, dan biasanya disebabkan oleh proses inflamasi paru yang disebabkan oleh pajanan gas berbahaya yang dapat memberikan gambaran gangguan sistemik. Gangguan ini dapat dicegah dan dapat diobati.
Penyebab utama PPOK adalah rokok, asap polusi dari pembakaran, dan partikel gas berbahaya.
Harus diakui bahwa warga Giritirta mayoritas perokok, memasak menggunakan kayu bakar dan mengolah tembakau dengan cara pengasapan. Itu yang belum bisa dihindari dari kehidupan sebagian besar warga Giritirta.
Dengan terselenggaranya kegiatan ini, diharapkan masyarakat lebih memperhatikan prilaku buruk yang menyebabkan terjangkitnya penyakit menular.

Tidak ada komentar

Terimakasih sudah mengunjungi blog saya

Diberdayakan oleh Blogger.