Header Ads

Header ADS

KALENDER EVENT BANJARNEGARA 2015

Kabupaten Banjarnegara Jawa Tengah terletak di tengah Pulau Jawa dikenal memiliki potensi wisata alam dan budaya yang menarik dan unik untuk dinikmati. Keajaiban alam dan peninggalan arkeologi seperti candi Hindu di Dieng serta wisata petualangan Arung Jeram yang menantang menjadi daya tarik utama di Banjarnegara. Tradisi dan adat budaya Banjarnegara tak ada duanya dapat terlihat dalam berbagai peristiwa yang diselenggarakan setiap tahunnya. Festival Serayu Banjarnegara merupakan event unggulan di tahun 2015. Event dengan agenda utama Pesta Parak Iwak ini juga diramaikan dengan berbagai event pendukung seperti Serayu Expo, Parade Budaya, Banjarnegara Bershalawat dll. Event atarksi budaya pemotongan rambut gembel yang dikemas dalam Dieng Culture Festival juga akan digelar di tahun 2015. Selain itu, Banjarnegara juga akan menggelar beberapa event adventure bertaraf nasional yaitu Candradimuka Jeep Off Road, Terabas Motor Trail dan Rally Wisata. Nikmati ragam tradisi dan budaya yang unik dan hanya ada di Banjarnegara serta dapatkan kenangan yang tak terlupakan.

FESTIVAL DURIAN BANJARNEGARA
Waktu  : 7-8 Februari 2015
Lokasi  : Kecamatan Sigaluh
Festival Durian Banjarnegara merupakan event yang digelar sebagai upaya untuk memperkenalkan Kabupaten Banjarnegara sebagai daerah pusat Durian di Jawa Tengah. Pameran ini memperkenalkan jenis-jenis durian di Banjarnegara dan beserta atraksi hiburan sebagai daya dukungnya.


CANDRADIMUKA OFF ROAD
Waktu  : 23-24 Mei 2015
Lokasi  : Banjarnegara
Candradimuka Off Road merupakan ajang kompetisi Off Road bertaraf nasional, setelah sebelumnya sukses menggelar kegiatan serupa ditahun 2011 dan 2014. Kegiatan yang merupakan wahana silaturahmi dan berkomunikasi para pecinta Off Road ini menjadi sarana mempromosikan asset potensi tambang dan energi sumber daya alam serta potensi wisata adventure di Banjarnegara. Candradimuka Off Road 2015 menggelar 3 kelas lomba :Country Road, Trial Stage, Champ of Champ. Ajang kompetisi Off Road di Banjarnegara ini juga bertujuan untuk membuktikan bahwa Banjarnegara layak sebagai tempat penyelenggaraan Off Road berskala nasional.

SERULINGMAS OCEHAN EXPO
Waktu  : 6-7 Juni 2015
Lokasi : Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas Banjarnegara
Serulingmas Ocehan Expo merupakan event tahunan, pameran 12 jenis burung yang bertujuan sebagai upaya konservasi terhadap jenis-jenis burung sekaligus bertemunya komunitas pecinta burung dan mengenalkan kepada masyarakat secara luas. Event ini dipadukan dengan Expo Lukisan Burung beserta karakteristiknya serta hiburan-hiburan(karnaval) untuk menarik Wisatawan di TRMS Serulingmas.

NYADRAN GEDHE
Waktu  : 11 Juni 2015
Lokasi  : Desa Gumelem Wetan Kec. Susukan
Bersantap dengan aneka lauk beragam makanan secara massal hanya setahun sekali diadakan di komplek Makam Girilangan atau Ki Ageng Giri di Gumelem Kecamatan Susukan Banjarnegara. Acara itu merupakan bagian dari ritual yang dilakukan para warga menjelang bulan puasa Ramadhan atau dikenal sebagai Sadran Gedhe. Pada Ritual yang dipusatkan di Makam Ki Ageng Giri, pendiri kademangan Gumelem, warga Gumelem menyiapkan berbagai makanan, teridiri dari nasi, lauk pauk dan sayur yang dikemas dalam tenong.

DIENG CULTURE FESTIVAL
Waktu  : 1-2 Agustus 2015
Lokasi  : Dieng, Banjarnegara
Dieng Culture Festival merupakan acara tahunan khas Dataran Tinggi Dieng yang menampilkan berbagai kesenian dan budaya, dengan inti acara ruwat anak berambut gembel. Anak-anak Dataran Tinggi Dieng dengan rambut gimbal atau gembel merupakan fenomena keunikan yang dianggap sebagai titisan dewa. Bahkan pemangku adat masyarakat Dieng meyakini anak-anak berambut gembel ini adalah anak bajang titipan Ratu Kidul (Ratu Laut Selatan). “Anak berambut gembel berjenis kelamin laki-laki merupakan titisan Eyang Agung Kala Dete, sedangkan yang perempuan titisan Nini Ronce Kala Prenye. Mereka adalah titipan anak bajang dari Ratu Samudera Kidul. Upaya menghilangkan rambut gembel hanya bias dilakukan dengan upacara ruwatan yaitu ritual pemotongan rambut. Ritual ini harus memenuhi permintaan anak yang diruwat. Dengan melengkapi berbagai sesaji antara lain nasi tumpeng tujuh warna, jajanan pasar, buah-buahan dan ingkung ayam.

GELAR SENI
Waktu  : 15-21 Agustus 2015
Lokasi : Alun-Alun Banjarnegara
Gelas Seni digelar untuk mendukung dan memeriahkan perayaan HUT RI dan Hari Jadi Kabupaten Banjarnegara, menampilkan beragam seni unggulan daerah berupa kesenian tradisional, seni kotemporer, dan kesenian modern yang dikemas dalam satu paket menarik.

PROSESI HARI JADI BANJARNEGARA
Waktu  : 22 Agustus 2015
Lokasi : Alun-Alun Banjarnegara
Dilaksanakan setiap tanggal 22 Agustus bertepatan dengan Hari Jadi Kabupaten Banjarnegara. Adalah peringatan pemindahan Ibukota pemerintahan dari Banjar Watu Lembu ke Banjarmangu menuju kota Banjarnegara yang dilaksanakan melalui ritual kirab panji lambing daerah dari Banjar Watu Lembu Desa Banjarkulon Kecamatan Banjarmangu menuju Pendapa Dipayuda Adi Graha Banjarnegara. Rangkaian kirab Panji Lambang daerah yang diiringi oleh pasukan bertombak sebagai lambing pengayom dan perlindungan pada masyarakat, dan diakhiri dengan gunungan yang berisi hasil bumi yang merupakan perlambangan kemakmuran Kabupaten Banjarnegara. Gunungan akan diperebutkan oleh masyarakat yang menyaksikan jalannya prosesi yang menggambarkan rasa suka cita masyarakat atas kepindahan Kabupaten Banjarnegara dari Banjarkulon.

FESTIVAL SERAYU BANJARNEGARA 2015
Waktu  : 26-30 Agustus 2015
Lokasi : Banjarnegara
Festival Serayu 2015, perhelatan akbar di Kabupaten Banjarnegara yang kembali digelar setelah sukses di tahun 2013. Event ini menggelar beberapa kegiatan utama seperti Serayu Expo, Pesta Parak Iwak dan Parade Budaya serta diramaikan dengan event-event pendukung seperti Banjar Banjir Dawet, Lomba Fotografi, Banjarnegara Bershalawat dan Konggres Sungai.

SERAYU EXPO
Waktu  : 26-29 Agustus 2015
Lokasi : Stadion Kolopaking Parakancanggah Banjarnegara
Serayu Expo merupakan salah satu agenda Festival Serayu 2015 dengan menggelar pameran Gekas produksi Usaha Mikro Kecil menengah, produk pertanian, perikanan, peternakan dll. Selain kegiatan expo akan diramaikan dengan pentas seni yang tidak saja menampilkan seni tradisional Banjarnegara namun juga seni tradisional Banjarnegara namun seni tradisional daerah-daerah lain di Jawa Tengah, tidak ketinggalan pentas music yang akan meramaikan panggung Serayu Expo 2015.

BANJAR BANJIR DAWET
Waktu  : 26 Agustus 2015
Lokasi : Stadion Kolopaking Parakancanggah Banjarnegara
Dawet Ayu telah menjadi trade mark Banjarnegara. Minuman yang manis menyegarkan ini akan dihidangkan gratis bagi wisatawan di tengah perhelatan Festival Serayu Banjarnegara. Puluhan pikulan dawet akan meramaikan Pesta Dawet yang akan menyajikan aneka jenis dawet seperti dawet lele, dawet lidah buaya, dawet ubi ungu, dawet ganyong dan lain-lain yang murni merupakan hasil kreatifitas masyarakat Banjarnegara.

PESTA PARAK IWAK
Waktu  : 30 Agustus 2015
Lokasi : Sungai Serayu, Singomerto
Pesta Parak Iwak merupakan sebuah bentuk pengejawantahan kesadaran masyarakat di sekitar Sungai Serayu, khususnya masyarakat Banjarnegara yang telah merasakan betapa besar “peran” Sungai Serayu sebagai nadi hidup dan berkembangnya cipta, rasa dan karsa masyarakat Banjarnegara dalam kemajuan baik secara ekonomi, social dan budaya dan dapat dicapai sebagaimana yang dirasakan saat ini.  Perwujudan dari kesadaran dan rasa tanggung jawab untuk “nguri-uri” merawat dan melestarikan dan sekaligus rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Pesta Parak Iwak diawali dengan prosesi pengambilan “Ulam Sari Tirta Nyawiji” dari Telaga-Telaga di Dataran Tinggi Dieng yaitu Telaga Balekambang, Telaga Mardada, Telaga Sewiwi, Sendang Sedayu, Telaga Pengilon, Telaga Warna, dan Telaga Cebong. Ulam Sari Tirta Nyawiji ditempatkan dalam Bokor “Tumus Pandeleng Ing Manah” kemudian disebar di Sungai Serayu. Gelaran Pesta Parak Iwak di kemas secara apik, kreasik, unik dan akrab. Para wisatawan dapat ikut dalam kegiatan Parak Iwak, Makan Bareng gratis sambil menikmati hiburan Seni Budaya Banjarnegara.

LOMBA FOTOGRAFI
Waktu  : 26-30 Agustus 2015
Lokasi : Banjarnegara
Lomba fotografi berskala nasional akan digelas di Banjarnegara dengan Festival Serayu 2015 sebagai obyek lomba. Beragam event utama dan event-event pendukung serta sajian pentas seni tradisional, pentas music yang digelas non stop selama Festival Serayu merupakan tantangan bagi penggemar fotografi untuk dapat menampilkan foto terbaiknya.

BANJARNEGARA BERSHALAWAT
Waktu  : 27 Agustus 2015
Lokasi : Alun-Alun Banjarnegara
Ungkapan rasa syukur dan pujian untuk sang Pencipta yang telah memberikan kemakmuran dan kesejahteraan bagi Banjarnegara digelar dalam wujud Banjarnegara Bershalawat

KONGRES SUNGAI
Waktu  : 29 Agustus 2015
Lokasi : Kompleks Balai Budaya
“Merawat Serayu Merawat Peradaban” sebuah slogan yang mengajak untuk merawat sungai yang telah memberikan kehidupan dan mewarnai budaya masyarakat sekitarnya. Inilah yang menjadi gagasan untuk digelarnya Kongres Sungai Nasional pertama di Indonesia. Sebuah kongres yang akan dihadiri para pemangku sungai besar di Indonesia, duduk bersama untuk membahas ide memelihara dan menyelamakan sungai-sungai di Indonesia.

PARADE BUDAYA
Waktu  : 29 Agustus 2015
Lokasi : Alun-Alun Banjarnegara
Parade Budaya yang digelar malam hari menampilkan berbagai kreatifitas seni dan budaya yang diangkat dari tradisi Banjarnegara ini akan menjadi satu agenda menarik dalam rangkaian Festival Serayu Banjarnegara. Berbagai tema yang ditampilkan seperti Batik Carnival, Dawet Ayu, Brenong Kepang, dll.

FESTIVAL SALAK BANJARNEGARA
Waktu  : 5-6 September 2015
Lokasi : Desa Kutayasa Kecamatan Madukara
Festival Salak Banjarnegara merupakan Event yang digelar sebagai upaya untuk memperkenalkan Kabupaten Banjarnegara sebagai daerah Central Salak di Jawa Tengah. Pameran ini memperkenalkan jenis-jenis di Banjarnegara.

RALLY WISATA
Waktu  : 30 Agustus 2015
Lokasi : Dieng, Banjarnegara
Menguji kualitas mobil sambil mengenal menikmati perjalanan wisata merupakan agenda utama Rally Wisata Banjarnegara 2015. Tujuan Rally wisata kali ini adalah untuk mengenalkan destinasi wisata Banjarnegara yang banyak diminati wisatawan untuk menghabiskan masa libur. Selain olahraga yang membutuhkan ketangkasan khusus dan berwisata, Rally Wisata ini juga menyediakan berbagai hadiah menarik bagi para pesertanya. Ajang Rally Wisata Banjarnegara 2015 ini juga bertujuan untuk membuktikan bahwa Banjarnegara menjadi merupakan gudangnya Rally Wisata petualangan bagi berbagai komunikasi mobil yang ada di Jawa Tengah.

SERAYU BANJIR TRAIL
Waktu  : 27 September 2015
Lokasi : Banjarnegara
Serayu Banjir Trail adalah salah satu wisata Adventure yang semakin menggeliat di Banjarnegara. Diikuti lebih dari 1.000 crosser dari berbagai penjuru tanah air ini menjadi satu event tahunan yang menarik di Banjarnegara. Melewati medan yang menantang dengan panorama alam yang indah.

BARITAN
Waktu  : Oktober 2015 / Muharam
Lokasi : Dieng Kulon
Baritan merupakan salah satu acara tahunan yang diadakan oleh masyarakat Dataran Tinggi Dieng. Kata Baritan merupakan singkatan dari “Mbubarake Peri Lan Setan” (membubarkan peri dan setan). Sesuai dengan makna kepanjangannya, Baritan memang sebuat ritual yang ditujukan agar masyarakat Desa Dieng terhindar dari Balak dan Bencana, sehingga kehidupan senantiasa aman, tentram dan damai. Upacara Baritan ditandai dengan acara potong kambing, yang mana kambing yang boleh dipotong harus memiliki cirri khas yaitu memiliki lingkaran corak warna tertentu pada bulu di badannya, atau masyarakat Dieng biasa menyebutnya Kambing Kendit. Puncak upacara Baritan diramaikan dengan pentas seni seperti kuntulan, rampak yaksa dan pentas wayang kulit.

Tidak ada komentar

Terimakasih sudah mengunjungi blog saya

Diberdayakan oleh Blogger.