Header Ads

Header ADS

Wisata Eksotis




EKSOTISME Pariwisata Desa Giritirta, Kecamatan Pejawaran, Kabupaten Banjarnegara cukup menakjubkan. Di desa yang berjarak 34 kilometer dari pusat kota kabupaten itu terdapat empat objek wisata sekaligus yang bisa dinikmati pengunjung dalam satu lokasi.

Di tangan Mister Muhammad Yusuf, kawasan yang sama sekali belum tersentuh oleh campur tangan pemerintah itu semakin dikenal luas oleh masyarakat.

‘’Ada dua curug, yaitu Curug Gen­ting dan Curug Merawu yang berketinggian 70 meter dan 50 meter. Kedua curug itu adalah potensi yang masih tersembunyi dan belum dikelola maksimal. Belum ditambah dengan pemandangan lahan persa­wahan yang juga tak kalah mena­rik,’’ kata pria yang akrab dipanggil Mister trsebut.
Dia menuturkan, semenjak dulu penduduk desa selalu berusaha untuk mempublikasikan kekayaan wisata Giritirta. Namun, mereka belum menemukan metode dan cara efektif untuk menarik minat wisatawan.
Memasarkan

15 tahun silam, Mister M Yusuf mulai terpanggil untuk ikut serta mengangkat potensi wisata tersebut. Bersama pe­muda desa, dia menemukan cara lain untuk ‘’memasarkan’’ desanya. Yaitu dengan membentuk radio komunitas sebagai akses informasi dan salah satu cara untuk mempublikasikan hal yang berkaitan dengan desa.
‘’Pemkab pernah melakukan survei ke sini (Giritirta), tapi dananya tidak bisa mencukupi untuk memba­ngun kawasan wisata. Jadi kami meng­ambil inisiatif sendiri,’’ ujar pria yang saat ini menjabat sebagai Kepala Desa dan Ko­mite Sekolah SDN 1 Giritirta itu.

Suami dari Sri Yunaeni tersebut menuturkan, radio yang berdiri pada 1 Juli 2001 itu merupakan tonggak semangat masyarakat untuk membangun Desa Giritirta. Radio yang diberi nama Mentari FM menjadi corong suara warga agar mendapatkan perhatian dari Pemkab.

‘’Contohnya, pada saat gedung SD Negeri Giritirta ambruk tahun 2004. Ban­tuan dari pemerintah dan swada­ya masyarakat datang dengan cepat dan efektif. Publikasi tentang potensi wisata Giritirta juga bisa disebarluaskan dengan cepat,’’ ungkap jebolan Universitas Terbuka Purwo­kerto itu.
Selain cara tersebut, pertengahan tahun 2005, Mister M Yusuf mulai mempublikasikan melalui blog pariwisata miliknya. Serta menggandeng media lokal dan situs jejaring sosial.

Tanpa merasa canggung, pria yang hobi sepak bola itu juga membangun kerja sama dengan Pemerin­tah Kecamatan untuk mengarahkan semua kegiatan kabupaten di Desa Giritirta. Misalnya, kemah Pramuka dan sebagainya.

Di luar dugaan, antusiasme warga meninggi dengan kehadiran para ‘’tamu’’ tersebut. Mereka pun membuat makanan gratis yang dibagikan kepada para peserta setiap kali ada kegiatan. ‘’Saya hanya tukang kompor alias provokator. Semua elemen masyara­kat yang bergerak. Kami benar-benar sa­dar, potensi wisata di desa ini akan men­datangkan rezeki,’’ ucapnya me­ren­dah. (Mutadin)

Tidak ada komentar

Terimakasih sudah mengunjungi blog saya

Diberdayakan oleh Blogger.