Header Ads

Header ADS

WALI SONGO


Walisongo atau Walisanga

Sambil Istirahat mari kita lihat sejarah /membaca sejarah “Wali Songo” penyebar Agama Islam di Indonesia. Kadang kita lupa akan perjuangan para leluhur yang di anggap cerita penghantar tidur. Bahkan kadang ada pula yang belum tahu sama sekali siapa itu “Wali songo”. Walaupun pernah mendengarnya tapi admin sendiri kadang bila di suruh menyebutkan siapa saja “Wali songo?” admin bingung, lupa dan menyesal. Kenapa menyesal? Karena kenapa admin tidak hafal para leluhur “Waliulloh Wali songo”. Walaupun bukan Wajib untuk mengetahuinya juga bukan sunnah untuk menghafalkannya. Akan tetapi sejarah harus di hargai, di lestarikan untuk kelak dikemudian hari bila ada salah satu dari anak-cucu kita bertanya kita bisa tahu menjawabnya.


Walisongo atau Walisanga dikenal sebagai penyebar agama Islam di tanah Jawa. Mereka tinggal di pantai utara Jawa dari awal abad 15 hingga pertengahan abad 16, di tiga wilayah penting. Yakni Surabaya-Gresik-Lamongan di Jawa Timur, Demak-Kudus-Muria di Jawa Tengah, serta Cirebon di Jawa Barat. Mereka adalah para intelektual yang menjadi pembaharu masyarakat pada masanya. Mereka mengenalkan berbagai bentuk peradaban baru: mulai dari kesehatan, bercocok tanam, niaga, kebudayaan dan kesenian, kemasyarakatan hingga pemerintaha. 


Era Walisongo adalah era berakhirnya dominasi Hindu-Budha dalam budaya Nusantara untuk digantikan dengan kebudayaan Islam. Mereka adalah simbol penyebaran Islam di Indonesia, khususnya di Jawa. Tentu banyak tokoh lain yang juga berperan. Namun peranan mereka yang sangat besar dalam mendirikan Kerajaan Islam di Jawa, juga pengaruhnya terhadap kebudayaan masyarakat secara luas serta dakwah secara langsung, membuat para Walisongo ini lebih banyak disebut dibanding yang lain.

Ini lah nama-nama Walisongo/ Walisanga yang penyebar agama Islam di tanah Jawa :

1. Sunan Gresik atau Maulana Malik Ibrahim
2. Sunan Ampel atau Raden Rahmat
3. Sunan Drajat atau Raden Qasim
4. Sunan Bonang atau Raden Makhdum Ibrahim
5. Sunan Kudus atau Ja’far Shadiq
6. Sunan Giri atau Raden Paku atau Ainul Yaqin
7. Sunan Muria atau Raden Umar Said
8. Sunan Gunung Jati atau Syarif Hidayatullah
9. Sunan Kalijaga atau Raden Said

Tidak ada komentar

Terimakasih sudah mengunjungi blog saya

Diberdayakan oleh Blogger.